Dikira Musuh, Iran Akui Jika Militernya Tembak Jatuh Pesawat Ukraine International Airlines yang Tewaskan 176 Penumpang

Sabtu, 11 Januari 2020 | 18:45
https://www.stocksharksnews.com/

Dikira Musuh, Iran Akui Jika Militernya Tembak Jatuh Pesawat Ukraine International Airlines yang Tewaskan 176 Penumpang

Sosok.ID - Lagi panas-panasnya hubungan dengan Amerika Serikat (AS), Iran malah membuat kesalahan fatal dalam sejarah negaranya berdiri.

Pada Rabu (8/1/2020) sebuah pesawat Ukraine International Airlines jatuh di sekitaran bandara Teheran, Iran, usai lepas landas.

Baru beberapa menit mengudara, pesawat kemudian jatuh terbakar.

Mengutip AFP, Sabtu (11/1/2020) berbagai laporan menyebut jika pesawat itu ditembak jatuh oleh misil militer Iran.

Baca Juga: Inses dengan Anak Kandung, Seorang Ayah Minta Sang Adik Panggil Kakaknya 'Ibu Tiri', Nahas Ujung Kisah Berakhir Maut

Sempat mengelak, akhirnya pada hari ini Iran mengakui jika militernya-lah yang menembak jatuh pesawat sipil tersebut.

Iran mengklaim jika militernya menembak jatuh Ukraine International Airlines lantaran terbang amat dekat dengan wilayah instalasi militer yang sensitif yang mereka kira adalah pesawat musuh.

Padahal sebelumnya Iran membantah habis-habisan jika militernya yang sebabkan pesawat itu jatuh.

"Sudah jelas bagi kami, yang pasti tidak ada rudal yang mengenai pesawat tersebut sebelum jatuh," kata Ali Abedzadeh Kepala Departemen Penerbangan Nasional Iran seperti dikutip dari AFP.

Baca Juga: Nekat Ceraikan Istri Demi Menikah Dengan Anak Perempuannya Sampai Lahirkan Keturunan, Pria Ini Akhiri Hubungan Incesnya Secara Tragis!

Sementara itu PM Kanada Justin Trudeau sudah menuding Iran sebagai penyebab jatuhnya pesawat yang sebagian besar berpenumpang WN Kanada sebelum negeri Ayatollah mengakuinya.

"Kami mendapat laporan intelijen dari negara koalisi jika bukti menunjukan bahwa pesawat ditembak misil Iran."

"Ini kejadian yang disengaja" kata Trudeau.

Dirut Ukraine International Airlines Yevganiy Dykhne yang dihubungi secara terpisah mengatakan jika pesawatnya yang ditembak jatuh Iran berfungsi dengan baik dan berada dibawah kendali pilot berpengalaman.

Baca Juga: Viral Sengketa Tanah Pemkot Surabaya dan Warga, Batu Bata Putih Setinggi 1 Meter Hadang Pengguna Jalan

"Keadaan pesawat dalam kondisi optimal untuk penerbangan dan awak didalamnya sudah berpengalaman semuanya," beber Yevganiy.

Entah berhubungan atau tidak ketika pesawat jatuh Iran sedang melancarkan serangan ke pangkalan militer AS-Irak di Ayn al-Asad, Irak Barat, Rabu (8/1/2020).

Serangan roket balasan atas kematian Qasem Soleimani itu disinyalir juga menerjang pesawat Ukraine International Airlines yang menewaskan 176 penumpangnya. (Seto Aji/Sosok.ID)

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : AFP

Baca Lainnya