Tukang Gali Kubur Terharu Lihat Kondisi Jenazah Lina Saat Akan Dipindahkan, Tubuh Mantan Istri Sule Disebut Masih Utuh Meski Sudah Beberapa Hari Meninggal

Jumat, 10 Januari 2020 | 09:15
Tribunjabar/Mega Nugraha

Tukang Gali Kubur Terharu Lihat Kondisi Jenazah Lina Saat Akan Dipindahkan, Tubuh Mantan Istri Sule Disebut Masih Utuh Meski Sudah Beberapa Hari Meninggal

Sosok.ID - Ade (51), Dudu (58) dan Jaja (60) adalah tukang gali kuburan yang bertugas menguburkan sekaligus membongkar makam Liana Zubaedah.

Ketiganya mengaku alami kejadian mengharukan saat bertugas untuk membongkar kembali makam mantan istri komedian, Sule.

Ketiga penggali kubur itu adalah warga jalan Sekelimus Utara I Kota Bandung yang memang berprofesi demikian.

Kamis (9/1/2020) menjadi momen yang tak terlupakan bagi ketiganya, sebab baru pertama kali diminta untuk membongkar dan memindahkan jenazah yang baru beberapa hari dimakamkan.

Baca Juga: Istri Sah Beberkan Bukti Perselingkuhan Hingga Pernikahan Diam-diam dengan Suaminya, Wanita Diduga Pelakor Ini Membantah dengan Tegas : Semua Tuduhan Itu Fitnah!

Jenazah Lina Zubaedah memang diminta untuk diambil lagi dari liang lahat lantaran keperluan autopsi oleh Tim Forensik RS Hasan Sadikin, Polrestabes Bandung dan Polda Jabar.

Padahal ketiganya baru pada hari Sabtu (4/1/2020) yang lalu memakamkan jenazah ibu dari penyanyi muda, Rizky Febian tersebut.

"Sekarang makamnya digali lagi, jenazahnya diangkat kembali. Buat saya mah ini tidak akan terlupakan," ujar Ade di sekitar pemakaman, dikutip dari TribunJabar.ID.

Baca Juga: Tolak Kabulkan Permintaan Suami yang Ingin Poligami, Seorang Istri Langsung Ditinggal Selingkuh Pasca Melahirkan: Saya Pelakukan Dia Terlalu Baik

Dudu menggali makamnya. Kemudian, Ade bertugas turun ke liang lahat sedalam 1,8 meter dan mengangkat jenazah.

Tribunjabar/Mega Nugraha

Penggalian kembali makam Lina Jubaedah

"Saya yang turun mengangkat jenazah sama ada warga lainnya," ujar Ade. Dudu kemudian menimpali.

"Saat pemakaman saya yang menggali makamnya, sekarang pas autopsi, saya lagi yang bongkarnya. Pengalaman tak terlupakan. Setelah diangkat, kami pergi," kata dia.

Setelah jenazah dapat diangkat, kemudian tim penggali dan pengangkat jenazah diminta untuk keluar dari lokasi autopsi.

Baca Juga: Belum Genap Setahun Menikah, Sosok Ini Sebut Reino Barack dan Syahrini Pisah Ranjang Gegara Masalah Keluarga : Karena dari Awal Banyak yang Dipaksakan

Selanjutnya proses autopsi dilanjutkan oleh pihak kepolisian di samping liang lahat dengan ditutupi oleh kain berwarna merah.

Ade dan kawan-kawannya pun menceritakan kondisi jenazah mantan istri Sule tersebut saat dapat diangkat dari makam.

Ia sempat deg-deg an dan gugup awal mengangkat jenazah Lina Zubaedah guna diautopsi.

Baca Juga: Selama Ini Publik Salah, Orang Ketiga Penyebab Perceraian Maia Estianty dan Ahmad Dhani Bukanlah Mulan Jameela, Pentolan Dewa 19 Ini Sebut Sosok Pria yang Main Serong dengan Mantan Istrinya

"Jenazahnya masih utuh karena kan baru kemarin Sabtu dimakamkan. Saya deg-degan juga takutnya ada yang berubah. Apalagi kan katanya tubuhnya mau diperiksa, itu yang bikin saya deg-degan dan harus hati-hati," katanya.

Tribunjabar/Mega Nugraha

zrizky Febian datangi makam sang bunda

Ade mengaku baru pertama kali ini mengalami momen seperti ini bahkan sejak pertama menjadi penggali kubur ia baru alami hal ini sekarang.

Satu dari tiga penggali kubur itu juga sempat heran dengan kondisi tubuh Lina yang ternyata masih utuh saat diangkat dari makam.

Padahal sudah beberapa hari jenazah wanita dengan lima anak itu disemayamkan di sana.

Baca Juga: Anaknya Jadi Tahanan di Inggris Gegara Kasus Pemerkosaan Terhadap 48 Pria, Borok Ayah Reynhard Sinaga Ikut Terbongkar, Jadi DPO dari Sederet Kasus

Ade dan Dudu pun tak habis pikir dengan pengalaman yang baru pertama kali mereka rasakan itu.

"Ini pertama kali saya menggali dan mengangkat jenazah dari liang kuburan yang baru beberapa hari lalu saya makamkan. ‎Sebelumnya memang pernah memindahkan, tapi jenazahnya yang sudah lama, tinggal tulang belulangnya saja. Kalau ini kan, jenazahnya masih utuh," ujar Ade. Hal senada dikatakan Dudu. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : TribunJabar.id

Baca Lainnya