2 Hari Lagi Lengser dari Jabatan, Susi Pudjiastuti Pamit Lewat Postingan Video Menyentuh Hingga Banjir Pujian : Menteri Paling Keren!

Jumat, 18 Oktober 2019 | 13:17
Instagram/@susipudjiastuti115

2 Hari Lagi Lengser dari Jabatan, Susi Pudjiastuti Pamit Lewat Postingan Video Menyentuh Hingga Dibanjiri Pujian: Menteri Paling Keren!

Sosok.ID - Tak terasa, masa jabatan menteri di Kabinet Kerja Jokowi akan segera berakhir dua hari lagi.

Begitu pula Susi Pudjiastuti, wanita tangguh yang telah mengemban jabatan sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan selama 5 tahun ini juga akan undur diri dari jabatannya per Minggu (20/10/2019) mendatang.

Tentu saja ini seiring dengan berakhirnya jabatan presiden periode 2014-2019 yang akan berakhir 10 hari kedepan.

Sejumlah menteri telah mendahului berpamitan, baik kepada staff-nya di kementerian maupun di depan publik.

Baca Juga: Menjelang Purna Jabatan, Beberapa Lembaga Survei Mengeluarkan Hasilnya Mengenai Kinerja Para Menteri, Lantas Peringkat Berapa Susi Pudjiastuti?

Termasuk Susi Pudjiastuti yang telah berpamitan pada masyarakat Indonesia sejak 17 September 2019 lalu.

Melansir Kompas.com, bertepatan dengan Rapat Koordinasi Nasional Stagas 115 di Jakarta pada 17 September 2019 lalu, Susi Pudjiastuti berpamitan sekaligus meminta maaf atas kesalahannya selama menjabat sebagai menteri.

Tak hanya berpamitan dan meminta maaf, Susi Pudjiastuti juga berterima kasih kepada setiap pihak yang selama ini membantunya.

Selama 5 tahun menjabat, publik Indonesia mengetahui betul bagaimana kinerja Susi Pudjiastuti sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga: Ditanya Apa yang Akan Terjadi Jika Tak Lagi Emban Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Terdiam Sejenak: Ini Penenggelaman Terakhir oleh Saya

Banyak prestasi dan gebrakan-gebrakan yang tak biasa telah ia torehkan dalam dunia kelautan Indonesia hingga membuatnya menjadi salah satu menteri yang digandrungi publik Tanah Air.

Seperti yang telah diberitakan oleh Sosok.ID sebelum ini, selam kurang lebih 5 tahun masa jabatan, Susi Pudjiastuti telah menenggelamkan lebih 556 kapal ilegal yang memasuki perairan Indonesia.

Dan mayoritas kapal ilegal penangkap ikan tersebut berasal dari negara tetangga di ASEAN, terutama Vietnam.

Meskipun kerap mendapatkan banyak kasasi dari para pemilik kapal yang tak terima dengan model hukumannya, Susi Pudjiastuti tak pernah gentar.

Baca Juga: Vietnam Takut Bukan Main Terhadap Menteri Susi Pudjiastuti yang Dijuluki Ratu Bajak Laut

Lima tahun kepemimpinan Susi, nelayan pemaling ikan di Indonesia pun dibuat jiper bukan main dengan ketegasannya.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature menunjukkan bahwa kebijakan agresif Susi terhadap penangkapan ikan ilegal telah mengurangi upaya tangkap sebesar 25 persen dan berpotensi menambah jumlah tangkapan sebesar 14 persen dan keuntungan sebesar 12 persen.

Atas kinerjanya yang begitu mumpuni tak heran bila Susi Pudjiastuti menjadi salah satu menteri yang begitu digandrungi rakyat.

Tak hanya digandrungi, Susi Pudjiastuti juga rupanya banyak diharapkan kembali menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan pada periode masa pemerintahan selanjutnya.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Lengser dari Menteri Kelautan & Perikanan, Ia Mengaku Baru Kali Ini Merasakan Kerja untuk Khalayak Banyak

Terkait berakhirnya masa jabatan Susi sebagai menteri pada periode 2014-2019, rupanya wanita tangguh yang ditakuti para nelayan ilegal ini sempat membagikan video pamitan melalui akun Instagram pribadinya.

Ya, dilansir Sosok.ID dari akun Instagram pribadinya, @susipudjiastuti115, Susi Pudjiastuti baru saja mengunggah video pamitan pada Jumat (18/10/2019).

Dalam video tersebut, Susi Pudjiastuti menunjukkan sepak terjangnya sejak dilantik Presiden Jokowi pada Kabinet Kerja jilid I periode 2014-2019 sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Menariknya, dalam video tersebut Susi menunjukkan momen-momen membahagiakan selama dirinya menjabat sebagai menteri.

Baca Juga: Hasil Riset I2 Sebut Susi Pudjiastuti Jadi Menteri Paling 'Terpegah' di Media Sosial Twitter

Bahkan dalam video ini, Susi Pudjiastuti sempat memberikan pesan perpisahan yang begitu menyentuh.

"Bapak dan ibu sekalian, sudah 4 setengah tahun ya. Perkenankan saya dengan segala ucapan terima kasih atas seluruh dukungan dalam kementerian kelautan dan perikanan," ungkap Susi Pudjiastuti seperti yang dikutip Sosok.ID dalam video tersebut.

Lebih lanjut Susi mengatakan bahwa selama ini perjalanan yang ia lewati bersama Kementerian Perikanan dan Kelautan untuk melindungi perairan Indonesia memang tidak mudah.

Untuk itu, Susi meminta seluruh jajarannya untuk terus menjaga dan meneruskan tugas yang selama ini sudah diemban dengan baik.

Baca Juga: Susi Pudjiastuti Ditantang Perang Mantan Komandan Korps Brimob Gegara Masalah Ikan : Ini Daratan Punya Saya!

"Perjalanan yang tidak mudah, dan saya pikir sangat luar biasa.

Saya bisa buktikan dan merasakan bahwa indonesia bisa bersatu padu, menjaga, membangun, membuktikan, membalikkan sesuatu yang tidak mungkin menjadi hal yang mungkin dan mohon untuk terus dijaga," pungkas Susi dalam video tersebut.

Tak ayal, video tersebut pun mendapatkan begitu banyak pujian dari publik Tanah Air terutama para pengguna akun Instagram.

Tak sedikit warganet yang memuji kinerja Susi Pudjiastuti ssebagai menteri selama 5 tahun terakhir.

Baca Juga: Pelaku Perusakan Rumah Ditangkap, Sering Hina Menteri Susi di Medsos dan Mengaku Kerasukan Roh, Begini Kondisi Kejiwaannya

Banyak dari warganet bahkan berharap Susi kembali terpilih jadi menteri dalama kabinet kerja Presiden Jokowi periode selanjutnya.

@risqaannahlisa: Kudu bangeeet lanjuut lagi buu.

@farghifari: Biota laut akan menangis bila di tinggal ibu pergi.

@anggakuz: Ibu harus lanjut di periode selanjutnya, semoga terpilih kembali.

Baca Juga: Rumah Susi Pudjiastuti Dilempari Batu Hingga Kacanya Pecah, Saksi Sebut Pelaku Kendarai Motor Matic

@oratri_pati: Terima kasih ibu telah menjaga alam indonesia/khususnya laut. Semoga ibu dan keluarga sehat dan bahagia selalu bersama kel. God bless family.

@indradech: Menteri paling keren!

@junfarera69gmailcom: Kami bangga dengan wanita seperti Ibu.

Sampai berita ini ditayangkan postingan video perpisahan dengan pesan menyentuh tersebut telah ditonton lebih dari 66 ribu lebih pengguna akun Instagram.

(*)

Editor : Tata Lugas Nastiti

Sumber : Kompas.com, Instagram

Baca Lainnya